Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang"Profesional Sinergi Militan Untuk Indonesia Maju"


PEMBUKAAN DIKLAT LANJUTAN WATER RESCUE ANGKATAN IX REGION III DI KANSAR KUPANG


KANTOR SAR KUPANG -- Pembukaan Diklat Lanjutan Water Rescue Badan SAR Nasional berlangsung pada hari senin, ( 14/05/2012) bertempat di halaman Kantor SAR Kupang. Upacara pembukaan berlangsung pukul 09.00 wita sampai dengan pukul 10.00 wita ini dipimpin oleh Deputi Potensi SAR Marsekal Muda TNI Sukarto.

Dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa pendidikan water rescue ini merupakan salah satu bentuk pembinaan berkesinambungan yang dilakukan oleh Badan SAR Nasional yang ditujukan untuk memberikan bekal kepada para peserta tentang  pengetahuan, ketrampilan serta sikap mental yang harus dimiliki terutama pada saat melaksanakan Operasi SAR di wilayah perairan seperti di danau, sungai maupun danau.{READMORE}

Diklat water rescue Angkatan IX Region III tahun 2012 ini di ikuti oleh 30 orang peserta dari Kantor SAR.  masing- masing Kantor SAR Makasar 4 orang , Mataram 4 orang, Ambon 2 orang, Kendari 3 orang, Balikpapan 5 orang, dari Kantor SAR Kupang 12 orang.

   

Usai  upacara pembukaan di Kantor SAR Kupang, kemudian kegiatan Diklat dilanjutkan di lokasi Pantai Lasiana kupang. Sesuai jadwal yang telah ditentukan, Diklat Lanjutan Water Rescue ini akan dilangsungkan selama 10 hari, mulai dari hari ini sampai dengan tanggal 23 Mei 2012.

Peserta akan diberikan materi berupa teori dan praktek tentang pengetahuan pertolongan di air diantaranya pedoman keselamatan di perairan, metode metode perairan, rencana kedaruratan di perairan, perawatan cedera di perairan, pengetahuan ombak dan arus, defend and release, teknik membawa korban serta komunikasi sinyal/isyarat. Selain itu, para peserta juga akan dilatih fisik melalui kegiatan olahraga dan penguasaan teknik renang yang dilakukan setiap harinya.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
14 May 11:45 WIB