Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang"Profesional Sinergi Militan Untuk Indonesia Maju"


PELATIHAN SELAM RESCUER KANTOR SAR KUPANG


Kantor SAR Kupang -- Kepala Kantor SAR (Kakansar) Kupang, F.Hermanto da Gomez, S.E., hari Jumat tanggal 25 Mei 2012, secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Selam (One Star Scuba Diving), bertempat di ruang rapat Kantor SAR Kupang yang berlangsung sampai dengan tanggal 28 Mei 2012.

Kegiatan Pelatihan  selam ini diikuti oleh 8  anggota  Kansar Kupang yang bertugas di Kantor SAR Kupang, Rescue Boat 211, Pos SAR Maumere, dan Pos SAR Labuan Bajo Manggarai Barat. Mereka merupakan Rescuer yang telah mengikuti Diklat Water Rescue Tahun 2012 Region III minggu yang lalu di Kupang.

Pelatihan selam ini diselenggarakan untuk membekali para rescuer Kantor SAR Kupang  dengan kemampuan selam  baik  teori maupun praktek, mengingat dapat  terjadinya musibah di danau/ perairan laut  wilayah Nusa Tenggara Timur yang membutuhkan  rescuer yang berkualifikasi sebagai penyelam dan dapat meng-operasionalkan peralatan selam yang sudah ada dan dimiliki Kansar Kupang maupun dapat mengikuti kegiatan event selam nasional maupun lokal di wilayah NTT, penjelasan F.H. da Gomez..{READMORE}

Materi kegiatan berupa teori  2 hari di kelas,  yang sebelumnya diadakan test breath hold dan water trapen di kolam renang Baumata, dengan  instruktur selam dari SSI (Scuba School International) oleh 2 anggota Kansar Balikpapan Iwan Kurniawan dan Iwan  Setiawan Abas, yang membekali para peserta pelatihan  dengan pengetahuan akademis penyelaman, antara lain  pengenalan dunia bawah air, fisika selam, medis penyelaman, dekompresi, pengenalan tabel selam serta peralatan/ perlengkapan selam dan juga penyelamatan.

Selain pembekalan pengetahuan penyelaman, peserta juga melaksanakan praktek penyelaman selama 2 hari di kolam renang Wirasakti dan 1 hari di perairan pantai/Laut sebelah utara Pulau Semau Kupang.  Peserta dibatasi mengingat dibutuhkan kemampuan dan keterbatasan peralatan selam yang ada terbatas, agar dapat efektif dan yang terpenting lagi  setiap Pos SAR memiliki rescuer dengan kualifikasi penyelam, dengan harapan tidak hanya penyelaman sebagai sport/ olah raga saja dilain waktu diharapkan dapat juga terselenggaranya Pelatihan SAR underwater (Penyelamatan di bawah air) dari kantor pusat Basarnas. (NeLa/Humas)

 

  



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
29 May 8:00 WIB