Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang"Profesional Sinergi Militan Untuk Indonesia Maju"


PELATIHAN POTENSI SAR 2012 KAB MANGGARAI BARAT


Kantor SAR Kupang --  Pembukaan Pelatihan Potensi SAR 2012  berlangsung mulai pada hari Rabu, (27/06/2012) disertai Upacara pukul 09.00 Wita di Pantai Pede Labuan Bajo Manggarai Barat.   Usai  upacara pembukaan   dilanjutkan  kegiatan Pelatihan sesuai dengan  jadwal yang telah ditentukan selama 3 hari sampai dengan tanggal 29 Juni 2012.

Pelatihan SAR Potensi dengan tujuan memberikan pembekalan kepada para peserta tentang  pengetahuan dan ketrampilan bidang SAR Laut, demikian sambutan yang disampaikan Kakan SAR Kupang.  Pelatihan potensi SAR ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Potensi SAR yang berkesinambungan di beberapa wilayah NTT dan dilakukan oleh Kansar Kupang, agar bila terjadi musibah Potensi SAR Kab.Mabar dapat bersama-sama dengan Tim Rescue Pos SAR Mabar L.Bajo dapat melaksanakan Operasi SAR,khususnyadi wilayah perairanMabar. {READMORE}

Kita ketahui bersama bahwa Labuan Bajo merupakan daerah wisata yang semakin meningkat dikunjungi Wisman maupun Wisnu setelah Bali dan pada tahun 2013 direncanakan pelaksanaan  event internasional “Sail Komodo”.

Pelatihan Potensi SAR  tahun 2012 ini diikuti oleh 26 orang peserta dari Kab. Manggarai Barat masing- masing Kantor SatPol PP.2 orang , Posal TNI- AL  2 orang, BPBD Mabar 2 orang, PMI 2 orang, SATPOL AIR  3 orang, DKPP Mabar 2 orang, KP3 Laut 2 orang, PT.ASDP 1 orang, KUPP Labuan Bajo 2 orang, Dinas KKP 1 orang, TAGANA 3 orang, Taman Nasional Komodo(TNK)  2 orang dan ABK Speedboat Hotel Jayakarta 2 orang.

Dalam kegiatan ini peserta diberikan materi berupa teori dan praktek tentang pengetahuan Medical First Responder (MFR), teknik  pertolongan di air dengan alat dan tanpa alat, praktek membawa korban/ carry dengan dolphin,pengoperasian perahu kare tdan mopel, disertai simulasi kecelakaan yang terjadi di laut dengan daerah pantai Pede Labuan Bajo.( Nella Kpg)

   



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
30 June 9:00 WIB