Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang"Profesional Sinergi Militan Untuk Indonesia Maju"


LATSAR LUMBA-LUMBA 2012 KAB MANGGARAI BARAT


Kantor SAR Kupang -- Pembukaan Latihan SAR Lumba-lumba 2012 berlangsung pada hari Kamis,( 28/06/2012) dan dibuka oleh Kepala Kantor SAR Kupang bertempat di Aula Hotel Puncak Waringin  Labuan Bajo Manggarai Barat.

Pelaksanaan Latihan operasi SAR “Lumba Lumba 2012” dimulai tanggal 28 Juni 2012 sampai dengan tanggal  29 Juni 2012,  dengan maksud dan tujuan  yaitu untuk  meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anggota Instansi Potensi SAR dan Kansar Kupang agar dapat mampu melaksanakan operasi SAR sesuai dengan standard nasional di daerah perairan/laut Flores, mengingat potensi kecelakaan transportasi kapal-kapal yang terjadi di perairan selat Sape dengan pelayaran antara daerah utara ke selatan dan sebaliknya cukup tinggi. Peserta Latihan SAR Lumba-lumba ini diikuti oleh 18 peserta dari instansi atau organisasi potensi SAR yang ada di daerah Kab. Manggarai Barat.{READMORE}

Kepala Kantor SAR Kupang menyampaikan bahwa setelah menyelesaikan  latihan ini para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan materi selama latihan untuk keperluan teknis operasional di lapangan (kegiatan Posko dan pendukungnya)  pada saat menghadapi musibah/ bencana di wilayah Kab. Manggarai Barat, hal ini penting agar tercapainya kesatuan  tindak bagi Instansi/Potensi SAR Kabupaten dalam melaksanakan operasi SAR sehingga tercapainya operasi yang efektif dan cepat. Latihan Operasi SAR  Lumba-lumba yang dilaksanakan di wilayah Kab. Manggarai Barat 2012, ini sangatlah penting mengingat daerah wisata P. Komodo dan alur kapal Fery dari Sumbawa dan sebaliknya maupun pelayaran lintas kapal-kapal motor Pelra yang semakin meningkat di Selat Sape Laut Flores.

Para peserta diberikan materi teori dan praktek tentang pengetahuan SAR System, pengantar peta, Search area calculation, Search pattern dan Intercept (SAR Plan).   Latihan selain Posko juga dilaksanakan manuver dengan pengerahan unsur RB 211 Kupang dan Rigid (RIB) Pos SAR Mabar Bajo serta Speedboat potensi setempat dengan pelaku evakuasi di lokasi kejadian/ daerah pencarian dari peserta Pelatihan Potensi yang telah selesai mengikuti pelatihan.

Pada tanggal 29 Juni 2012 dalam latihan pelaku SRU Laut dapat menemukan target dan selanjutnya dievakuasi ke pelabuhan L.Bajo dan seluruh peserta dapat menyelesaikan kegiatan latihan dengan keadaan selamat, maka latihan ditutup dengan disertai pemberian surat keterangan oleh Kakan SAR Kupang. (Nella Kpg)

 



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
30 June 9:18 WIB