Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang"Profesional Sinergi Militan Untuk Indonesia Maju"


LATIHAN SAR INDONESIA-AUSTRALIA  TAHUN 2021 DI KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN KUPANG


SAREX AUSINDO Tahun 2021 diselenggarakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Rabu (4/8) Tahun 2021. Latihan Bersama ini diikuti oleh 30 orang Peserta yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, TNI, POLRI dan instansi potensi SAR lainnya di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang. 

Acara ini dibuka oleh Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Agus Haryono, S.S.,M.B.A bertempat di Aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang. Acara ini dihadiri oleh Tim dari Kantor Pusat Basarnas dan para pejabat serta pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang dan Observer dari instansi terkait.

Dalam sambutannya, Direktur Kesiapsiagaan Basarnas menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih yang tak terhingga kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, JRCC Australia, Kementerian/ Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, para Observer latihan, seluruh peserta dan panitia yang telah berupaya untuk menyelenggarakan latihan pencarian dan pertolongan bersama antar negara yang merupakan kelanjutan kerjasama bilateral antara Indonesia Basarnas dengan Australia AMSA yang kita kenal dengan nama Latihan SAR Ausindo (Sarex Ausindo).

Latihan bersama ni dilaksanakan di Kupang dilatarbelakang karena Kupang merupakan salah satu wilayah NKRI yang berbatasan langsung dan terdekat dengan wilayah negara Australia. Selain itu intensitas kejadian-kejadian kecelakaan yang mengakibatkan kerugian berupa korban jiwa sering terjadi, sebagai contoh kejadian akibat Badai Seroja yang mengakibatkan beberapa perahu/kapal nelayan terbawa hanyut sampai ke wilayah Australia. 

Latihan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun lalu yang sempat tidak terlaksana sehingga dilakukan pembekalan kepada seluruh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang. Diketahui bersama, kondisi pandemi yang melanda negeri ini semenjak awal tahun lalu membuat masing-masing negara mengeluarkan kebijakannya sendiri.

Diharapkan hasil dari latihan ini dapat digunakan secara optimal untuk menunjang tugas-tugas Operasi SAR tanpa mengabaikan keselamatan petugas/ tim. Beliau berpesan kepada seluruh peserta latihan dan pengendali selalu mengutamakan keselamatan serta melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Emi Frizer, S.E.M.M., juga ikut serta menyampaikan sambutannya bahwa tujuan Sarex ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan diantaranya adalah untuk melatih proses koordinasi penyelematan Australia dan Indonesia, prosedur SAR Internasional, dan meningkatkan jaring komunikasi SAR antara organisasi yang terlibat dalam Operasi SAR. (HMS/NLA)

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kecelakaan kapal , Pelatihan .
Pengunggah : Daru Nugroho
4 August 18:00 WIB