Tim SAR Temukan 2 Penyelam dalam Kondisi Meninggal di Perairan Pantai Oa

MAUMERE- Tim SAR Gabungan menemukan tiga penyelam dari lima orang penyelam yang menjadi korban di Perairan Pantai Oa, Kecamatan Wulangitan, Kabupaten Flores Timur,  Selasa (21/3/2017). Ketiga penyelam yang sudah ditemukan adalah Aksal (32), Agus (19) dan Herman (27), sementara saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian terhadap 2 korban lainnya, yaitu Alfan (26) dan Akleks (20).

Informasi tentang kecelakaan penyelaman di Perairan Pantai Oa ini pertama kali di infokan oleh dari Evi Ojan, warga Kabupaten Flores Timur pada  Pukul 10.50 WITA. Ia menginfokan bahwa pada Pukul 03.00 WIB ada tujuh orang yang penyelam yang mengalami musibah di Perairan Pantai OA. Diperkirakan mereka menyelam pada koordinat 08 24 56,58 S- 119 47 59,49 E. Saat itu mereka menggunakan Kapal Motor Nelayan Yudi Amri dan sedang melakukan penyelaman dengan menggunakan kompresor.

Dua orang berhasil selamat kecelakaan tersebut, sementara hingga laporan tersebut disampaikan ada 5 orang yang masih dalam pencarian. Mendapatkan informasi tersebut pada Pukul 11.05 WITA Kantor SAR Kupang memberangkatkan KN SAR Antasena 233 dengan 9 (sembilan) orang ABK dan 6 (enam) Rescuer Pos SAR Maumere menuju lokasi kejadian untuk melaksanakan operasi SAR.

Setibanya di lokasi kejadian, Tim Rescue Pos SAR Maumere dan ABK KN SAR Antasena bergabung dengan unsur SAR yang lain untuk melakukan pencarian. Unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini adalah Lanal Maumere, Polsek Wulanggitang, Koramil Wulanggitang, Puskesmas Wulanggitang dan nelayan setempat.

Pencarian pun membuahkan hasil. Pada Pukul 17.00 WITA 3 (tiga) orang korban berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan dalam kondisi meninggal dunia. Mereka yang telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia adalah Aksal (32), Agus (19) dan Herman (27). Mereka ditemukan pada koordinat  08 37 59,88 S – 122 40 22,23 E. Setelah ditemukan ketiga korban ini dievakuasi menuju RSUD Hendrikus Fernandes Larantuka, Flores.

Sementara ketiga korban ditemukan dievakuasi, Tim SAR Gabungan kembali melanjutkan pencarian terhadap dua korban lainnya yang belum ditemukan. Dua orang korban yang belum ditemukan adalah Alfan (26) dan Akleks (20). Pencarian dilanjutkan hingga Pukul 19.00 WITA, namun pencarian belum membuahkan hasil. Pencarian akan dilanjutkan Rabu (22/3). xna

Link Terkait
PEJABAT