Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang Selenggarakan Rakor, Latihan SAR Beregu, dan Pelatihan Potensi


Kupang --- Rapat Koordinasi (Rakor) Pencarian dan Pertolongan, Latihan SAR Beregu, dan Pelatihan Potensi SAR Tahun 2019 diselenggarakan secara bersamaan di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (29/7) dengan mengusung tema “Melalui Rapat Koordinasi Pencarian dan Pertolongan Tahun 2019, kita tingkatkan koordinasi dan kerjasama dengan Potensi Pencarian dan Pertolongan dalam rangka pelaksanaan operasi pencarian dan penanganan penemuan pengungsi dari luar negeri dalam keadaan darurat di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang”. Kegiatan Rapat Koordinasi ini dilaksanakan di Hotel Neo Kupang.
 
Pelatihan Potensi diikuti oleh 57 orang peserta yang berada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang terdiri dari TNI/ Polri, BPBD dan instansi potensi SAR lainnya. Sementara Latihan SAR Beregu (Manuver Lapangan) diikuti oleh 50 orang peserta bertempat di Hotel Neo dan Dermaga Navigasi Kupang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai 29 Juli s.d 02 Agustus 2019.
 
Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memiliki  kewajiban untuk melaksanakan fungsi pembinaan terhadap potensi pencarian dan pertolongan baik tingkat daerah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah satu bentuk pembinaan potensi yaitu pengendalian yang di dalamnya telah diimplementasikan dalam peraturan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 22 Tahun 2017 tentang Operasi Pencarian dan Pertolongan.
 
Acara ini dibuka oleh Direktur Operasi Brigadir Jenderal TNI (Mar) Budi Purnama, S.Pi., M.Agr. Dalam sambutannya, beliau menuturkan bahwa sebagai lembaga pemerintah, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan harus hadir, saling mendukung dan bersinergi dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan kepada seluruh lapisan masyarakat. Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Drs. Josef A. Nae Soi, M.M juga menegaskan bahwa Koordinasi Lintas Sektoral dalam penanganan bencana memang penting akan tetapi alangkah lebih baik lagi apabila dalam memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan.
 
Rakor Pencarian dan Pertolongan, Latihan SAR Beregu, dan Pelatihan Potensi merupakan wahana menyamakan persepsi, meningkatkan komitmen, koordinasi dan sinergitas antara Basarnas dengan potensi guna menunjang kegiatan penyelenggaraan tugas-tugas pencarian dan pertolongan baik pada kecelakaan kapal, kecelakaan pesawat udara, bencana, kecelakaan dengan penanganan khusus dan kondisi membahayakan manusia. 
 
Pada kesempatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, serta Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram.
 
 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Recylia
29 July 14:10 WIB