KANTOR SAR KUPANG LATIH POTENSI SAR PERTOLONGAN DI KETINGGIAN

Kupang -- Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Ketinggian Tahun 2017 bertemakan “Dengan Pelatihan Pertolongan di Ketinggian Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Guna Pelayanan Jasa SAR yang Cepat, Tepat, Handal dan Aman di Wilayah Tanggung Jawab Kantor SAR Kupang”. Kegiatan dilaksanakan di Kantor SAR Kupang selama 5 hari mulai dari tanggal 27 – 31 Maret 2017 diikuti oleh 65 orang peserta yang terdiri dari TNI/ Polri, BPBD, Tagana dan Instansi berpotensi SAR. 

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Direktur Bina Ketenagaan Dan Pemasyarakatan SAR Badan SAR Nasional Agus Sukarno, S.H.,M.M pada tanggal 27 Maret 2017 bertempat di Aula Kantor SAR Kupang. Sementara untuk pembekalan materi kelas diadakan di Aula Kantor SAR Kupang dan praktik latihan akan diadakan di Bukit Fatuboki Kupang. Acara pembukaan tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat antara lain, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah NTT, Kapolda NTT yang diwakili oleh Dirshabara, Danrem 161 Wira Sakti yang diwakili oleh Kasrem, Danlanudal El Tari diwakili oleh Palaksa Lanudal Kupang,  Danyonmarhanlan, Dan. Sat. Radar Buraen, Dan. Kipan C. Paskhas, Kepala BIN Daerah Provinsi NTT yang diwakili oleh Pejabat BIN, serta GM PT Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang. Pelatihan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor SAR Surabaya, Kepala Kantor SAR Kendari, Kepala Sub Seksi Operasi SAR Denpasar, dan Kepala Sub Seksi Potensi SAR Mataram.

Pada sambutannya Direktur Bina Ketenagaan Dan Pemasyarakatan SAR mengatakan, melalui pelatihan ini diharapkan akan tercipta sumber daya manusia yang handal dan profesional sehingga pada saat menghadapi kecelakaan/ bencana dimanapun dan kapanpun diharapkan bagi peserta kegiatan ini dapat mengaplikasikan di tempat tugas atau tempat tinggal masing-masing apabila ada korban yang membutuhkan pertolongan, karena peserta akan dibekali dengan pengetahuan tentang teknik pertolongan di ketinggian. Kepala Kantor SAR Kupang dalam sambutannya juga mengungkapkan dengan diadakannya kegiatan pelatihan ini peserta dapat memberikan nilai positif dalam pelaksanaan operasi SAR secara efisien dan efektif guna mencapai sasaran dalam mengemban tugas dan fungsi Badan SAR Nasional di bidang pencarian dan pertolongan yang bermuara pada pencapaian misi Badan SAR Nasional. 

Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR Badan SAR Nasional juga menekankan kepada seluruh peserta pelatihan agar dalam mengikuti pelatihan ini dengan serius dan fokus karena latihan ini memiliki resiko yang cukup tinggi dan utamakan faktor keselamatan serta tetap jaga stamina sehingga dapat menyerap ilmu yang diberikan. (nel)
Link Terkait
PEJABAT